Video Suporter Jepang Bersihkan Sampah Stadion Al Bayt di Laga Qatar VS Ekuador Viral, Fans: Itu Adatnya

- 24 November 2022, 13:08 WIB
Video Suporter Jepang Bersihkan Sampah Stadion Al Bayt di Laga Qatar VS Ekuador Viral, Fans: Itu Adatnya
Video Suporter Jepang Bersihkan Sampah Stadion Al Bayt di Laga Qatar VS Ekuador Viral, Fans: Itu Adatnya /Aljazeera

SalatigaTerkini - Suporter Jepang patur berbangga. Pasalnya di laga perdana mereka di Piala Dunia 2022 Qatar, Timnas berhasil mengalahkan Juara Piala Dunia 2014 Jerman dengan skor 2-1.

Bukan hanya bersorak gebira, supoter Jepang baru-baru ini viral di media sosial, usai video detik-detik mereka membersihkan sampah yang ditinggalkan oleh fans di Stadion tempat berlaga, yakni Stadion Al Bayt.

Suporter terlihat tetapberada di dalam stadion, dan keluar terakhir setelah kemenangan mereka atas Jerman pada 23 November 2022, dengan membantu membersihkan Stadion International Khalifa.

Segera setelah stadion mulai kosong, para pendukung terlihat mengeluarkan kantong sampah besar, mulai bekerja dengan memunguti sampah baik yang ada di bangku penonton maupun kolong.

Baca Juga: Sengit, Persaingan Belanda dan Ekuador Mengincar Tempat di Babak 16 Besar Piala Dunia 2022

Baca Juga: Inggris VS Amerika Piala Dunia 2022 : Jadwal, Venue, Statistik Tim, Fakta Unik Kedua Tim.

Meskipun pemandangan para penonton yang kembali untuk membersihkan mungkin mengejutkan banyak orang, bagi orang Jepang hal itu bukanlah hal yang luar biasa.

Apa yang menurut Anda istimewa sebenarnya tidak biasa bagi kami,” kata Danno, dilansir dari laman resmi Al Jazeera.

Ia mengatakan mengapa kebanykan orang terkejut dengan apa yang mereka lakukan. Pasalnya, hal tersebut sudah menjadi kebiasaan yang sudah mendarah daging di negaranya.

Ketika kami menggunakan toilet, kami membersihkannya sendiri. Ketika kami meninggalkan ruangan, kami memastikannya rapi. Itu adatnya. Kita tidak bisa meninggalkan suatu tempat tanpa membuatnya bersih. Itu adalah bagian dari pendidikan kami, pembelajaran sehari-hari," katanya lagi.

Halaman:

Editor: Ari Pianto

Sumber: Aljazeera


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x