Waspada, Rusia Deteksi Kasus Pertama Flu Burung H5N8 Pada Manusia

- 22 Februari 2021, 12:07 WIB
Kasus pertama, flu burung dilaporkan jangkiti manusia di Rusia./ /Pixabay/Jewhisperer

SalatigaTerkini - Pandemi Covid-19 belum juga usai kini ada laporan dari Rusia bahwa ditemukan penularan virus flu burung (H5N8) dari unggas ke Manusia.

Hal ini tentunya menjadi peringatan kepada dunia untuk bersiap dan mengambil langkah pencegahan.

Pada hari Sabtu 20 Februari 2021 Rusia mengatakan bahwa para ilmuwannya telah mendeteksi kasus pertama di dunia penularan jenis flu burung H5N8 dari burung ke manusia dan telah memberitahu Organisasi Kesehatan Dunia.

Dilansir dari laman medicalxpress.com, dalam sambutan yang disiarkan televisi, kepala pengawas kesehatan Rusia Rospotreb Nadzor, Anna Popova, mengatakan para ilmuwan di laboratorium Vektor tengah mengisolasi materi genetik strain dari tujuh pekerja di sebuah peternakan unggas di Rusia selatan yang dimana wabah tersebut tercatat di antara unggas-unggas tersebut pada bulan Desember.

Baca Juga: Giring Ganesha Kritik Anies Baswedan: Naturalisasi Cuma Konsep di Atas Kertas

Para pekerja tidak menderita konsekuensi kesehatan yang serius, tambahnya. Mereka diyakini tertular virus dari unggas di peternakan.

“Informasi tentang kasus pertama penularan flu burung (H5N8) ke manusia telah dikirimkan ke Organisasi Kesehatan Dunia," kata Popova.

Ada berbagai subtipe virus flu burung.

Sementara strain H5N8 yang sangat menular mematikan bagi burung, belum pernah dilaporkan telah menyebar ke manusia.

Halaman:

Editor: Ari Pianto

Sumber: Medical Express


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X